Kabar Pusri

TKMPN 2023, INOVASI PUSRI UKIR PRESTASI MEMBANGGAKAN TINGKAT NASIONAL

01 December 2023

cover

YOGYAKARTA – Insan PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), tak henti mengukir prestasi. Kali ini inovasi berkelanjutan yang dihasilkan Pusri mendapatkan apresiasi dalam ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVII Tahun 2023 pada ajang yang dilaksanakan sejak tanggal 27-30 November di Yogyakarta dengan mengusung Tema Mewujudkan Generasi Emas melalui Green Innovation dan Productivity.

TKMPN yang diselenggarakan oleh Wahana Kendali Mutu (WKM) dan bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia (AMMPI), diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta yang berkompetisi serta saling berbagi inovasi atas temuan karya mutu dari berbagai jenis usaha atau industry mulai dari fertilizer¸farmasi, semen, otomotif, pertambangan, manufaktur, Kesehatan, keuangan. Industri barang, perguruan tinggi, keuangan dan jasa lainnya.

Pada ajang ini Pusri mengirimkan 7 (tujuh).tim inovasi diantaranya GKM SDI, PKM Steamboost, PKM Solution, QCP Prims, PKM ACIST, PKM Pusri DEF, PKM Otomasi. Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob menyampaikan bahwa prestasi ini menjadi pembuktian bahwa Pusri melalui SDM unggulnya, tidak pernah berhenti menciptakan berbagai terobosan dalam menghadirkan sistem bisnis yang efisien, berdaya saing dan berkelanjutan.

“Budaya inovasi sudah menjadi salah satu bagian dari Insan Pusri. Setiap tahun berbagai inovasi yang diciptakan mampu mengantarkan Pusri, mendapatkan penghargaan hingga ke tingkat internasional”, ungkap Daconi.

Dalam ajang TKMPN tahun ini, Tim Inovasi Pusri berhasil mendapatkan penghargaan sebagai berikut :

  • PKM ACIST : Predikat Diamond, Best Performance & Top Three Diamond
  • PKM Pusri DEF : Predikat Diamond & Best Performance
  • GKM SDI : Predikat Platinum
  • PKM Solution : Predikat Platinum
  • PKM Otomasi : Predikat Platinum
  • PKM PRIMS : Predikat Gold
  • PKM Steambost : Predikat Gold

PKM ACIST (Automatic Color Imaging System Technology) merupakan salah satu inovasi Pusri yang paling banyak mendapatkan penghargaan pada ajang TKMPN, sebelumnya juga terpilih menjadi Grand Champion pada ajang PIQI 2023. Inovasi yang dihadirkan PKM ACIST yaitu melalui program komputer yang dibuat khusus untuk mempermudah hasil pemeriksaan reformer catalyst tube dengan metode PASTI Crawler dan melakukan Remaining Life Assessment (RLA) pada reformer catalyst tube

Serta PKM Pusri DEF yang juga mendapatkan Predikat Diamond merupakan produk Diesel Exhaust Fluid yang dapat digunakan untuk kendaraan berbahan bakar diesel dengan spesifikasi kendaraan Euro 4/5/6 yang menggunakan teknologi Selective Catalyst Reduction (SCR) untuk mengurangi emisi NOx dari gas buang kendaraan.

Daconi menambahkan bahawa inovasi-inovasi Pusri di Tahun 2023 berhasil diidentifikasikan realisasi penghematan sebesar Rp361 Milyar dan potensi benefit mencapai 1,11 Triliun dalam setahun (unaudited).

"Tugas kita sekarang adalah berkolaborasi dan menerapkan inovasi ini pada skala lebih besar, untuk menjaga sustainability perusahaan sekaligus wujud kontribusi bagi bangsa dan negara. Melalui inovasi kami berharap kedepan dapat mewujudkan Transformasi Bisnis Perusahaan menuju Pusri Maju 2025”, tutup Daconi.

***

Palembang, 01 Desember 2023

Informasi lebih lanjut:

VP Humas Pusri

Rustam Effendi - 08127378730

Email: [email protected]

Report Governance Public Info FAQ