Kabar Pusri

TINGKATKAN PRODUKSI SINGKONG, PT PUSRI SERAHKAN BANTUAN 8 TON PUPUK DI TUBA

03 November 2022

cover

Kupastuntas.co, Tulangbawang - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang memberikan edukasi melalui program sekolah tani sekaligus menyalurkan pupuk NPK Singkong kepada petani di Kabupaten Tulangbawang, Kamis (3/11/2022).

 

Dalam kesempatan itu, sebanyak 8 ton pupuk NPK Singkong diberikan kepada petani. Bantuan secara simbolis tersebut, diserahkan Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh, kepada Bupati Tulangbawang Winarti.

 

Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh, mengatakan bantuan pupuk ini untuk meningkatkan produksi singkong bagi petani di kabupaten Tuba.

 

"Pupuk NPK Pusri Singkong merupakan produk inovasi terbaru dari perusahaan dengan formula khusus, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman singkong yang mengandung Natrium, Posfor dan Kalium (NPK)," jelasnya.

Menurutnya, pupuk ini merupakan solusi bagi petani singkong agar tidak bergantung dengan pupuk subsidi.

 

Dijelaskannya, kehadiran pupuk NPK Singkong adalah untuk menjawab keresahan para petani singkong dengan adanya kebijakan tanaman singkong tidak dapat memakai pupuk subsidi menyusul terbitnya Permentan Nomor 10 tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian.

 

Peraturan tersebut menghapus ubi kayu dan puluhan komoditas tanaman lainnya dalam kelompok prioritas komoditas dengan pupuk subsidi.

 

"Perusahaan melahirkan produk baru ini karena kopi dan singkong menjadi komoditas andalan di Sumatera Selatan dan Lampung," kata dia.

 

Dalam kesempatan itu, Pusri turut memberikan edukasi dalam meningkatkan hasil panen dan cara membedakan pupuk palsu yang kerap beredar di pasaran yang kini menjadi keluhan para petani.

 

"Hari ini kami memberikan edukasi dan bimbingan teknis kepada petani dan akan mengajak petani ke pabrik untuk melihat langsung proses pembuatan pupuk, karena masih banyak petani kita dibohongi dengan beredarnya pupuk palsu," kata dia.

 

Bupati Tulangbawang, Winarti, memberikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian, dukungan serta perhatian PT Pusri pada para petani.

 

Ia berharap hadirnya sekolah tani untuk santri mampu memacu meningkatkan kualitas pertanian di Sai Bumi Nengah Nyappur.

 

"Saya yakin produktivitas dan hasil panen ubi kayu kita kepentingan lebih ditingkatkan, dengan sinergi dan kerja sama yang baik antara semua pihak baik pemerintah pusat dan daerah bersama unsur DPR dalam memperhatikan kepentingan petani," kata Bupati Winarti.

 

"Mari terus tingkatkan pertanian dengan pola yang berkualitas sehingga komoditas unggulan ini menjadi andalan yang mampu mendongkrak perekonomian rakyat Tulangbawang,” tututupnya. (**)

 

Sumber : https://www.kupastuntas.co/2022/11/03/tingkatkan-produksi-singkong-pt-pusri-serahkan-bantuan-8-ton-pupuk-di-tuba

Report Governance Public Info FAQ