Kabar Pusri

THE GARDENHSHIP, KOMITMEN JAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN

10 August 2023

cover

PALEMBANG PT Pusri Palembang yang merupakan anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) memiliki komitmen yang tinggi dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Berbagai upaya telah dilakukan guna mendukung terciptanya lingkungan yang bersih, aman dan nyaman, salah satunya melalui waste management.

 

Istilah waste management sendiri mengacu pada segala upaya atau tindakan untuk mengelola sampah sebelum mencapai Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Walaupun TPA selama ini merupakan salah satu solusi dalam mengatasi sampah, namun keberadaan TPA juga dapat menimbulkan dampak negatif, yaitu pencemaran lingkungan.

 

Untuk itu, Pusri melaksanakan Peresmian Waste Plan atau yang diberi nama The Gardenship di Area Komplek Pusri, yang diresmikan langsung oleh Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh. Melalui peresmian ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurangi dampak negatif dari pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah.

Beberapa tindakan yang termasuk dalam upaya waste plant, antara lain 3R, yakni mendaur ulang sampah (recycle), mengurangi produksi sampah (reduce), serta menggunakan kembali barang yang kualitasnya masih layak (reuse).

Pembentukan The Gardenship ini diinisiasi oleh Departemen CSV diharapkan dapat menjadi fasilitas pengolahan sampah organik yang lebih baik, dengan pengelolaan bersumber dari sampah-sampah organik yang ada dilingkungan Pusri dan sampah makananan yang berasal dari warga yang di tinggal di Komplek Pusri. Melalui pengelolaan proses kompos sampah-sampah tersebut akan menghasilkan pupuk. Saat ini pupuk yang dihasilkan yaitu pupuk cascing dan pupuk organik cair.

“Melalui pembangunan The Gardenship ini tidak hanya menjadi fasilitas pengolahan sampah saja, melainkan dapat menjadi tempat belajar bagi masyarakat dan komunitas pencinta lingkungan tentang pengelolaan sampah”, terang Direktur Utama Pusri.

PENANDATANGANAN KOMITMEN PEMBENTUKAN BANK SAMPAH KAMPUNG SEHATI

Pada hari yang sama, dalam talkshow yang berjudul Merdeka Dari Sampah, dilaksanakan penandatanganan Komitmen Pembentukan Bank Sampah Kampung Sehati yang dilaksanakan langsung oleh Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh bersama Camat, Perwakilan RT di lingkungan Pusri dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Palembang.

 

Sementara untuk kegiatan talkshow dihadiri oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya, diantaranya Vinda Damayanti (Direktur Pengurangan Sampah KLHK), Andrew Hayim De Vries (Our Waste Plant) dan Arief Noerhidayat (Comestoarra.com).

 

“Menjaga sumber daya alam merupakan tanggung jawab dan tugas kita semua, demi lingkungan yang lebih baik untuk masa depan bumi yang lebih hijau. Semoga niat baik dan usaha kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik”, tutup Tri.

 

***

 

Palembang, 10 Agustus 2023

Informasi lebih lanjut:

VP Humas Pusri

Rustam Effendi - 08127378730

Email: [email protected]           

Report Governance Public Info FAQ