21 April 2014
BATAM- Sebagai upaya mempertahankan daya saing perusahaan khususnya dalam pendistribusian pupuk urea ke seluruh wilayah pemasarannya, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) melaunching kapal Self Propelled Urea Barge (SPUB) dengan nama PUSRI INDONESIA-I. Pembuatan kapal dengan kapasitas muat 8.500 ton ini dilakukan oleh PT Anggrek Hitam selama 16 bulan, effective date terhitung sejak 22 Desember 2012.
Pembangunan kapal PUSRI INDONESIA-I ini, selain dikarenakan usia kapal milik saat ini sudah relatif tua, juga dilatabelakangi oleh pendangkalan Sungai Musi. Kondisi tersebut mengakibatkan pengapalan tidak optimal. Seharusnya kapal milik dapat mengangkut 8.500 ton, namun hanya dapat mengangkut rata-rata sebesar 6.500 ton. Hal ini mengakibatkan tingginya cost per ton angkutan kapal milik. Kapal SPUB sendiri dirancang dengan desain yang dapat mengakomodir draf air sungai yang rendah dan mampu mendistribusikan muatan urea curah dengan kapasitas yang lebih besar.
Spesifikasi umum Kapal PUSRI INDONESIA-I adalah sebagai berikut:
Panjang keseluruhan |
: |
Max. 134,0 m |
*) Kapal dibangun di Galangan PT Anggrek Hitam yang beralamat di Jalan Raya Pelabuhan Kabil-Kampung Baru, Kecamatan Nongsa, Batam. |
Panjang di antara garis tegak |
: |
Abt. 129,1 m |
|
Lebar |
: |
Abt. 26,6 m |
|
Tinggi (tanpa kulit) |
: |
Abt. 11,0 m |
|
Draft (air) |
: |
Max. 4,2 m |
|
Payload pada draft air |
: |
8.500 Ton |
|
Draft (air laut) |
: |
Max. 5,5 m |
|
Payload pada draft air laut |
: |
11.000 Ton |
Saat ini Pusri memiliki 7 (tujuh) unit kapal Urea curah milik dan 1 (satu) unit kapal Amonia curah dengan rincian sebagai berikut:
No |
Kapal Milik |
Bobot (Ton) |
Kapasitas (Ton) |
Operasi |
1 |
KM Otong Kosasih |
9.237 |
7.500 |
1977 |
2 |
KM Ibrahim Zahier |
9.237 |
7.500 |
1977 |
3 |
KM Sumantri Brojonegoro |
9.237 |
7.500 |
1977 |
4 |
KM Pusri Indonesia |
11.195 |
8.500 |
1978 |
5 |
KM Julianto Moeliodihardjo |
11.161 |
8.500 |
1983 |
6 |
KM Mochtar Prabu Mangkunegara |
11.185 |
8.500 |
1983 |
7 |
KM Abusamah |
11.185 |
8.500 |
1983 |
8 |
KM Sultan Machmud Badarudin II |
9.131 |
6.000 |
1983 |
PT Anggrek Hitam ditunjuk sebagai Kontraktor/ Galangan pemenang proyek pembangunan Kapal SPUB usai melalui proses lelang Pengadaan Jasa Kontraktor/ Galangan Engineering, Procurement, Construction and Delivery 1 (satu) Unit Kapal SPUB. Penandatanganan Kontrak antara PUSRI dan PT Anggrek Hitam pun telah dilakukan pada tanggal 10 Desember 2012 lalu.
Pada tahap awal proses pembangunan kapal, telah dilakukan uji kalkulasi desain kapal bekerjasama dengan LPPM Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya. Tes yang dilakukan antara lain, First Cutting pada tanggal 28 Januari 2013dan hydrodynamic/towing test di Laboratorium Hydrodinamika Jurusan Teknik Perkapalan pada tanggal 31 Januari 2013. Keel Laying (Peletakan Lunas) yang ditetapkan menjadi tanggal resmi berdirinya Kapal PUSRI INDONESIA-I, telah dilakukan pada tanggal 22 Maret 2013. Sampai dengan hari ini , progres kemajuan proyek pembangunan Kapal SPUB baru mencapai 90%. Tahap finishing, commissioning, dan performance test hingga kapal diserahkan ke Pusri akan dilakukan usai seremoni launching (meluncurkan kapal dari darat ke laut) dilakukan.
Dengan lahirnya Kapal PUSRI INDONESIA I ini, diharapkan menjadi salah satu pemecahan masalah dalam mengantisipasi peningkatan produksi, masalah shipping-out, serta menjamin kelancaran distribusi pupuk dengan efektif dan efisien, sehingga keunggulan bersaing kompetitif Pusri dapat dipertahankan.
Batam, 17 April 2014
Humas Pusri
Share
22 November 2024
PUSRI RAIH PENGHARGAAN TERTINGGI PLATINUM DI AJANG SNI AWARD 2024