Kabar Pusri

PUSRI DORONG PENINGKATAN UMKM HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH

03 January 2024

cover

PALEMBANG – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) membentuk Rumah BUMN Sumsel, sebagai wujud komitmen perusahaan dalam melakukan peran Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) khususnya dalam pengembangan UMKM di Kota Palembang dan sekitarnya agar dapat terus tumbuh.

Rumah BUMN merupakan salah satu program dari Kementerian BUMN yang bertujuan untuk membina UMKM dan Basecamp Millenials. Adapun program-program unggulan dari Rumah BUMN Sumsel mulai dari Pelatihan, Pendampingan, Pemasaran dan Bantuan Pengembangan Usaha.

VP TJSL Pusri,  Alde Dyanrini mengungkapkan selama pengelolaannya pada tahun 2023, Rumah BUMN Sumsel telah memberikan manfaat kepada UMKM yang ada di Kota Palembang dan sekitarnya khususnya dalam peningkatan kapasitas dan kapabilitas usaha. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan Social Return of Investment (SRoI) yang telah dilakukan oleh PSPMK Universitas Sriwijaya yang menunjukkan nilai 2,33. Yang berarti bahwa setiap Rp 1 yang diinvestasikan PUSRI ke Rumah BUMN Sumsel akan menghasilkan benefit sebesar Rp 2,33.

Dalam pengukuran SRoI ini, nilai investasi yang dikeluarkan PT PUSRI Palembang sebesar Rp. 431.169.639 dan memberikan total impact sebesar Rp 1.005.658.106. Hasil pengukuran SRoI ini di dapat dari mengukur aspek-aspek menyeluruh program yang telah dijalankan Rumah BUMN Sumsel, meliputi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Selama tahun 2023 Pusri melalui Rumah BUMN Sumsel telah memberikan peningkatan pendapatan kepada UMKM Binaan sebesar Rp 372.964.375 dalam 26 kali pameran baik skala lokal maupun Internasional”, ungkap Alde.

“Selain itu, telah terlaksana sebanyak 30 kali pelatihan dengan 1.061 peserta dari UMKM baik yang menjadi anggota Binaan maupun tidak”, ungkap Alde.

Saat ini ada 1023 UMKM yang telah terdaftar sebagai Anggota Binaan Rumah BUMN Sumsel dan lebih dari 50 orang Gen Z yang telah terdampak dari program RBS.

“Menyongsong tahun 2024, PT PUSRI Palembang melalui Rumah BUMN Sumsel akan lebih berfokus ke peningkatan kualitas UMKM Binaan”, Ungkap Adyn Purnama selaku Manajer Operasional Rumah BUMN Sumsel.

Adapun program yang menjadi fokus di awal tahun ini mulai dari kelompok mentoring usaha mitra, melaksanakan webinar nasional, klusterisasi UMKM Binaan, memberikan pendampingan terkait bantuan legalitas usaha: Halal, PIRT, SNI, NIB, dll. serta mempersiapkan UMKM unggulan untuk menjadi supply chain ke berbagai instansi dan koperasi.

Pada program pengembangan millennials, Alde juga menambahkan bahwa di tahun ini Rumah BUMN Sumsel akan mengadakan RBS Goes to Campus. Kemudian, membentuk komunitas millennial, cooking class bersama pelajar SMA/SMK dan mahasiswa yang bertujuan untuk mendorong jiwa wirausaha muda sejak dini.

“Pusri akan selalu berkomitmen dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Melalui pengembangan serta program-program yang ditunjukan untuk pertumbuhan perekonomian masyarakat. Dengan adanya Rumah BUMN Sumsel, dapat dijadikan wadah bagi UMKM dan Milenials dalam mengembangkan dan mengoptimalkan potensi yang ada supaya menjadi UMKM yang berkualitas” ucap Adyn.

Bagi yang belum menjadi UMKM Binaan bisa daftar atau kunjungi di Instagram: @rumahbumn.sumsel secara gratis. Bersama Rumah BUMN Sumsel, UMKM Maju, Perekonomian Bangkit.

 

Palembang, 03 Januari 2024

Informasi lebih lanjut:

VP Humas Pusri

Rustam Effendi - 08127378730

Email: [email protected]

Report Governance Public Info FAQ