Kabar Pusri

PULUHAN PETANI KOPI DI PAGAR ALAM IKUTI SEKOLAH KOPI DARI PT PUSRI

03 August 2023

cover

TRIBUNSUMSEL.COM,PAGARALAM - PT Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) Palembang menggelar kegiatan  Sekolah Kopi di Kota Pagar Alam. Kegiatan bertema "PUPI Cerdas" Petani Unggul Pupuk Indonesia (PUPI) digelar selama dua hari 2-3 Agustus 2023 di Aula Hotel Darma Karya Kota Pagar Alam.

 

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan petani Kopi Kota Pagar Alam dari lima kecamatan yang ada di Kota Pagar Alam.

 

Di Sekolah Kopi ini pihak PT PUSRI (PIHC group) mendatangkan empat narasumber yaitu Tumio dari Depertemen Riset PT Pusri, Andri Staf Agrosution PT Pusri, Niko Valentino CCM PT Pusri dan Karjo Praktisi Kopi  dari Organisasi KOPISTA Lampung.

 

Benny Farlo Koordinator Marketing Support Sumbagsel saat membuka kegiatan sekolah kopi menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk mencerdaskan petani agar hasil panen meningkat agar petani lebih sejahtera.

 

"Kami PT PUSRI tidak ingin hanya menjadikan petani sebagai objek dari produk yang dikeluarkan oleh kami. Namun kami juga ingin memberikan edukasi kepada petani khususnya petani kopi agar bisa memaksimalkan hasil panen mereka," ujarnya.

 

Dengan adanya pelatihan atau sekolah kopi ini diharapkan para peserta bisa memberikan ilmu yang didapat kepada semua petani di Kopi di Pagar Alam agar bisa menerapkan apa yang diajarkan pada pelatihan PUPI CERDAS.

 

"Nantinya apa yang para peserta dapat di Sekolah Kopi ini bisa diterapkan dilahan masing-masing dan menyampaikam hal ini kepada petani lainnya saat apa yang didapat sudah mendapatkan hasil yang lebih baik," katanya.

 

Benny menjelaskan kedepan pihaknya akan menggalakan tiga komponen dalam bidang pertanian saat ini. Tiga komponen tersebut yaitu Industri Pupuk, Pemerindah Daerah dan Petani.

 

"Jika ketiga komponen ini berkolaborasi dengan baik maka sektor pertanian di Indonesia khususnya Kota Pagar Alam akan semakin maju dan akan berdampak pada kesejahteraan petani Pagar Alam," jelasnya.

 

Sekretaris Dinas Pertanian Kota Pagar Alam Ir Ade Dwi Damayanti mengatakan, 80 persen penduduk Kota Pagar Alam adalah petani dan sebagian besar merupakan petani Kopi. Sejak 2019 perkebunan kopi menjadi fokus pembangunan dibidang perkebunan kopi.

 

"Kami Pemkot Pagar Alam berterima kasih pada PT PUSRI (PIHC) yang telah menggelar sekolah kopi untuk memberikan edukasi kepada petani Kopi Pagar Alam agar para petani Kopi Pagar Alam bisa tahu komposisi pupuk yang benar agar hasil panen lebih meningkat," ungkapnya.

 

Sumber : https://sumsel.tribunnews.com/2023/08/03/puluhan-petani-kopi-di-pagar-alam-ikuti-sekolah-kopi-dari-pt-pusri.

Report Governance Public Info FAQ