Kabar Pusri

PROGRAM INOVASI SOSIAL PUSRI AJAK WARGA PULAU KEMARO BUAT LIMBAH DAPUR JADI CAIRAN MULTIFUNGSI

30 September 2022

cover

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali menunjukkan komitmen terhadap kemajuan pemberdayaan masyarakat, yang merupakan rangkaian Program Inovasi Sosial Pusri yaitu Sehat dan Sejahtera (SESERA) Edu Week Jilid II di Pulau Kemaro pada 22 – 23 September 2022.

 

Berkolaborasi dengan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) PSP, Mitra Binaan Pusri yaitu Bank Sampah Kebumen Gemilang Sejahtera (KGS) dan Puskesmas Sabokingking, sebanyak tiga kegiatan dilaksanakan di Pulau Kemaro.

 

Kegiatan tersebut diantaranya pelatihan Eco Enzyme bersama PIKA PSP yang bertujuan untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada komunitas SESERA dalam membuat limbah dapur organik menjadi cairan multifungsi.

 

Selain itu juga dilaksanakan gerakan pilah dan olah sampah sejak dini bersama KGS dengan tujuan untuk mengedukasi siswa SD N 49 terkait bagaimana mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai, dalam hal ini yaitu eco brick.

 

Eco brick merupakan botol plastik diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Eco brick ini dapat menjadi solusi limbah padat tanpa biaya untuk masyarakat.

 

Pada kesempatan ini bersama Departemen CSR Pusri dan tim dari unit kerja lain dilaksanakan Kegiatan Posyandu Remaja bersama Puskesmas Sabokingking yang bertujuan untuk melatih kader posyandu untuk meningkatkan kualitas remaja Pulau Kemaro.

 

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut tentunya mendukung Program Inovasi Sosial Pusri yaitu SESERA.

 

Sebelumnya pada hari Rabu, 21 September telah dilaksanakan Sosialisasi Penanganan Keadaan Darurat di Pulau Kemaro yang berkolaborasi degna Departemen K3.

 

Pada kegiatan ini dilaksanakan sosialisasi dalam penangan keadaan darurat khususnya kebakaran, mengingata saat ini telah beberapa kali terjadi musibah kebakaran di Kota Palembang.

 

Melalui sosialisasi ini diharapkan warga tidak panik ketika menghadapi keadaan darurat dan dapat langsung mengatasi keadaan darurat tersebut.

 

Disampaikan VP CSR, Alde Dyanrini bahwa Melalui program ini diharapkan sesuai dengan nama programnya agar pemberdayaan masyarakat Pulau Kemaro tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Pulau Kemaro serta dapat menjadi salah satu skill warga disini.

 

 

Sumber :  https://palembang.tribunnews.com/2022/09/30/program-inovasi-sosial-pusri-ajak-warga-pulau-kemaro-buat-limbah-dapur-jadi-cairan-multifungsi.

 

Report Governance Public Info FAQ