Kabar Pusri

LESTARIKAN BUDAYA PALEMBANG, PUSRI GELAR LOMBA SYAROFAL ANAM

09 December 2023

cover

PALEMBANG – Guna melestarikan salah satu budaya Palembang sekaligus dalam rangka memperingati HUT PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), Pusri gelar Lomba Syarofal Anam Kampung Sehati di Gedung Kesenian Komplek Pusri (29/11).

Dibuka oleh SVP Teknologi Pusri, Alfa Widyawan, acara ini turut dihadiri oleh Muspika Kalidoni dan Ilir Timur II, Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-64 Pusri, Agung Prasetyanto Nugroho, VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini dan peserta lomba Syarofal Anam Kampung Sehati.

Program Kampung SEHATI (Sehat Erat Sinergi) yang launching pada Tahun 2022, merupakan salah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR), yang khusus dirancang Pusri bagi masyarakat lingkungan khususnya Ring I atau di 25 RT di 3 Kelurahan. Diantaranya Kelurahan 1 Ilir, Sungai Buah dan Sungai Selayur. Dengan tujuan kedepannya Pusri bersama warga sekitar perusahaan dapat terus bersinergi bersama perusahan dalam mengembangkan Community Development.

Sebanyak 5 (lima) grup yang terdiri dari 1 (satu) grup dari Kelurahan I Ilir, 3 (tiga) grup dari Kelurahan Sei. Buah dan 1 (satu) grup dari Kelurahan Sei. Selayur akan berpartisipasi dan memperebutkan hadiah trophy dan uang tunai. Juara I mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah), Juara II uang tunai Rp. 4.000.000,- (empat juta rupiah), Juara III uang tunai Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah), Harapan I Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah), Harapan II 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) serta uang pembinaan bagi seluruh peserta yang telah berpartisipasi.

Adapun pemenang pada lomba ini yaitu :

Juara 1                         : MT. Roudatul Jannah RT. 09 RW 01 Kel. Sungai Buah

Juara 2                         : Miftahul Jannah RT.11 RW.03 Kel. 1 Ilir

Juara 3                         : MT Al Hidayah RT. 07 RW. 01 Kel. Sungai Buah

Juara Harapan 1           : MT Al Barokah RT. 32 RW. 01 Kel. Sungai Buah

Juara Harapan 2           : MT. Al Ikhlas  RT. 07 RW. 02 Kel 1 Ilir

Disampaikan VP TJSL Pusri dalam sambutannya bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi antara Pusri dengan masyarakat lingkungan sekitar perusahaan. “Pusri berdiri di wilayah kesultanan Palembang Darussalam, jadi ini merupakan salah satu tanggung jawab kami untuk menjaga dan melestarikan budaya Palembang agar terus diteruskan ke generasi berikutnya”, ungkap Alde.

Syarofal Anam dilaksanakan dengan melantukan syair dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, sambal memainkan alat musik rebana, bersautan saling balas syair yang melantunkan sholawat. Buday aini awal mula dibawa oleh ulama asal Palembang, Syekh Abdussomad Al Palembani pada Abad ke-18.

Selain Lomba Syarofal Anam akan dilaksanakan juga lomba kebersihan dan Bank Sampah di Kampung Sehati.

Harapannya melalui kegiatan ini dapat mempererat hubungan antara Pusri dan masyarakat. Disampaikan SVP Teknologi Pusri, Alfa Widyawan, “Mewakili manajemen Pusri, kami mohon doa dan dukungannya khususnya dari peserta lomba yang hadir disini, agar seluruh rencana Pusri dapat berjalan dengan baik dan memberi manfaat bagi masyarakat”, tutup Alfa.

***

Palembang, 28 November 2023

Informasi lebih lanjut:

VP Humas Pusri

Rustam Effendi - 08127378730

Email: [email protected]

Report Governance Public Info FAQ