Kabar Pusri

INOVATOR PUSRI SUKSES HINGGA TINGKAT INTERNASIONAL

30 October 2023

cover

PALEMBANG – Dorong penguatan budaya inovasi dalam mendukung transformasi bisnis dan keberlanjutan usaha, PT Pusri Palembang senantiasa mengajak Insan Pusri untuk terus beradu gagasan, melalui ide kreatif dan inovatif yang bersifat strategis untuk memberi dampak ke perusahaan, hingga inovasi yang bersifat operasional untuk memberi nilai tambah bagi customer.

 

Selama tahun 2023 tercatat sebanyak 667 Insan Pusri yang tergabung dalam 940 gugus inovasi telah diukir Insan Pusri. Melalui karya inovatif ini diharapkan mampu memberi nilai dan dampak signifikan terhadap kemajuan perusahaan, serta diharap semakin mendorong efektivitas proses, efisiensi biaya dan kinerja dalam meningkatkan daya saing.

Pelaksanaan ajang inovasi tahun 2023 mengukir sejarah baru dalam perjalanan inovasi Pusri, keikutsertaan inovasi pada Srinova (Pusri Innovation Award) 2023 meningkat 220% dari tahun 2022, dan merupakan capaian tertinggi sejak pertama kali diselenggarkan.

 

Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh mengungkapkan bahwa Srinova 2023 dikemas dalam suasana kompetisi sebagai wadah untuk bersaing secara sehat dan sportif, guna menghasilkan inisiasi strategis dalam menciptakan sinergi antar karyawan.

 

Selama dua tahun terakhir, beberapa inovasi besar yang dihasilkan Insan Pusri diantaranya Phased Array Scan Tube Inspection Crawler (PASTI Crawler), Automatic Color Imaging System Technology (ACIST), Super Transformation Assistance Robot-Champion (STAR-C), yang merupakan salah satu wakil Indonesia sebagai peserta dalam pameran Hannover Messe 2023 di Jerman.

 

Seluruh inovasi tersebut merupakan hasil karya dari salah satu karyawan berprestasi Pusri, Efri Firmansyah. Pria yang akrab disapa Efri lahir di kota Palembang ini merupakan lulusan jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.

Sejak diterima sebagai Karyawan Pusri pada Tahun 2011, Efri secara aktif mulai mengirimkan inovasinya sebagai bentuk kontribusi terhadap kemajuan perusahaan.

 

Saat ini Efri aktif bekerja di Departemen Keandalan Pabrik, disampaikan Efri bahwa inovasi yang dihasilkannya awalnya hanya untuk membantu mempermudah pekerjaan sehari-hari saja. “Alhamdulillah dengan memanfaatkan pengalaman dan kemampuan mengoperasikan peralatan Inspeksi NDT, serta mengembangkan beberapa peralatan yang sudah ada dapat membantu perusahaan menurunkan biaya inspeksi peralatan pabrik. Dibandingkan jika terus menggunakan jasa pihak ketiga dalam melakukan Inspeksi pemeriksaan peralatan pabrik”, ungkap Efri.

 

Efri memberikan tips bagi Insan Pusri agar dapat berkarya memberikan inovasi unggul bagi perusahaan. Diantaranya buatlah inovasi apapun itu bukan dengan tujuan untuk memenangkannya tapi karena perusahaan membutuhkannya dan bisa membantu diri kita sendiri dalam pekerjaan sehari-hari. “Tidak semua orang akan selalu sependapat atau suka dengan inovasi yang kita ciptakan, tapi teruslah bekarya, berdoa dan jangan berputus asa, karena suatu hari Allah akan memperlihatkan hasilnya”, tambah Efri.

 

Beberapa pernghargaan yang berhasil diraih Efri bersama Tim baik di kancah nasional dan internasional diantaranya :

  • 1st Winner - PIEA 2020 (PASTI-Crawler)
  • 1st Winner Kategori Performance - PIEA 2022 (STAR-C)
  • 2nd Winner kategori Performance - 2023 (ACIST)
  • Diamond Rank - TKMPN & IQPC 2020 (PASTI-Crawler)
  • Diamon Rank – TKMPN 2022 (STAR-C)
  • The Best Performance - TKMPN & IQPC 2020 (PASTI-Crawler)
  • 3 Star Winner APQO 2021 (PASTI-Crawler)
  • Special Award - Impact On Innovation APQO 2021 (PASTI-Crawler)
  • 3rd Winner PI Agile PIQI 2022 (PASTI-Crawler)
  • 1st Winner PIQI Best Digital PIQI 2023 (ACIST)
  • Best Presenter Stream A PIQI 2023 (ACIST)
  • Grand Champion PIQI 2023 (ACIST)

Direktur Utama Pusri menambahkan bahwa manajemen akan terus mendorong perusahaan untuk melakukan scalling up inovasi dengan Program Inkubasi Inovasi dan penerapan secara penuh di seluruh lini bisnis, sehingga dapat meningkatkan performa Perusahaan, mendorong pendapatan baru dan nilai efisiensi yang lebih optimal.

 

"Tugas kita sekarang adalah berkolaborasi dan menerapkan inovasi ini pada skala lebih besar, untuk menjaga sustainability perusahaan sekaligus wujud kontribusi bagi bangsa dan negara. Melalui inovasi kami berharap kedepan dapat mewujudkan Transformasi Bisnis Perusahaan menuju Pusri Maju 2025, tutup Tri.

 

***

Palembang, 30 Oktober 2023

Informasi lebih lanjut:

VP Humas Pusri

Rustam Effendi - 08127378730

Email: [email protected]     

Report Governance Public Info FAQ