Kabar Pusri

INOVASI INSAN PUSRI, BERPOTENSI EFISIENSI HINGGA 864 MILYAR

02 November 2022

cover

PALEMBANG – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali melaksanakan Grand Final Pusri Innovation & Excellence Award (PIEA) 2022 bertempat di Gedung Serba Guna PT Pusri Palembang (01/11). Gelaran PIEA 2022 ke-34 Tahun ini mengusung Tema “Let’s Innovate & Keep Growing to Be an Industry Leader” dan diikuti oleh 430 (empat ratus tiga puluh) karya inovasi dari seluruh Insan Pusri yang telah berpartisipasi.

 

Setelah melaksanakan serangkaian proses penjurian dan seleksi, didapatkan sebanyak 24 (Dua puluh empat) finalis yang lolos berkompetisi pada Grand Final PIEA yang selanjutnya dinilai langsung oleh Direksi Pusri. Jumlah inovasi Insan Pusri pada Tahun 2022 sangat meningkat jika dibandingkan dengan Tahun 2021 yaitu sebanyak 232 inovasi. Hal ini menunjukkan bahwa minat dan inovasi dari Insan Pusri kian meningkat setiap tahunnya. Dengan total biaya inovasi sekitar Rp.31 Milyar.

 

Sementara terkait dampak positif keuangan menghasilkan penghematan biaya operasional sebesar Rp. 267 Milyar dan potens biaya penghematan sebesar Rp. 864 Milyar. Fokus tema inovasi tahun ini yaitu terkait bidang efisiensi energi / proses, perlindungan lingkungan, K3, Digitalisasi, Peningkatan Mutu Produk / Layanan dan Pengembangan Bisnis.

 

Dengan Inovasi-inovasi yang ditampilkan dalam Grand Final PIEA, tidak hanya didominasi dari kegiatan-kegiatan operasional pabrik yang bersifat rutin, namun cukup beragam seperti penggunaan Artificial Inteligence pada proses monitoring kinerja pabrik, Implementasi Employee Assisstance Program untuk meningkatkan produktivitas Kesehatan mental karyawan dalam rangka mencegah, mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan karyawan yang berdampak pada kinerja karyawan serta sejumlah inovasi lainnya.

 

Direksi Pusri sangat mengapresiasi seluruh peserta inovasi, hal ini ditunjukkan dengan diberikannya berbagai macam hadiah serta apresiasi untuk para innovator Pusri. Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh yang hadir sebagai Dewan Juri bersama Direktur Keuangan dan Umum, Saifullah Lasindrang dan Direktur Operasi & Produksi, Filius Yuliandi, menyampaikan bahwa seluruh inovasi yang telah dilaksanakan diharap dapat bermanfaat khususnya unttuk kemajuan Pusri.

 

Melalui penghargaan ini Insan Pusri diharapkan terus termotivasi untuk menciptakan dan melaksanakan di unit kerja nya masing-masing. Karena gelaran dan kompetisi inovasi ini akan terus dilaksanakan hingga ke tingkat internasional. “Menjelang akhir tahun ini, dalam waktu dekat rencananya akan ada gelaran konvensi nasional TKMPN 2022, dan Pusri tentunya akan turut berpartisipasi dan berkompetisi dengan para inovator-inovator dari perusahaan lainnya”, jelas Tri.

 

Lebih lanjut disampaikan Tri, ditengah era industry 5.0, Pusri akan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Mengingat semangat inovasi dari Insan Pusri. “Tantangan perusahaan semakin menantang dan beragam, namun kami pasti bisa menghadapinya dengan semangat inovasi dan kolaborasi segenap Insan Pusri”, tutup Tri..

***

Report Governance Public Info FAQ