Kabar Pusri

DUKUNG SWASEMBADA PANGAN, PUSRI GELAR BIMTEK DI PEMALANG

18 January 2024

cover

PEMALANG – Guna mendukung tercapainya swasembada pangan nasional, PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) melaksanakan seragkaian kegiatan. Salah satunya Pusri laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemupukan Berimbang dan Integrated Farming, yang dilaksanakan langsung oleh Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob di Gedung PGRI Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (17/01).

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh penyuluh pertanian dan petani di Kabupaten Pemalang serta turut dihadiri oleh Anggota Komisi VII PR RI, Ramson Siagian, Bupati Pemalang, Mansyur Hidayat dan unsur muspika setempat.

Memasuki musim tanam, penting bagi petani untuk menerapkan pemupukan berimbang, karena bermafaat untuk keberlajutan pertanian dan dapat mengefisienkan penggunaan pupuk. “Melalui Bimtek ini harapan kami selaku produsen pupuk, petani dapat memahami cara penggunaan pupuk yang pas dan sesuai rekomendasi”, ungkap Daconi.

Dengan penerapan pemupukan berimbang juga dapat mendorong peningkatan hasil panen yang lebih optimal. Adapun contoh formulasi pemupukan berimbang untuk komoditas padi adalah 5:3:2 dengan rincina 500 kg pupuk organik, 300 kg pupuk NPK dan 200 kg pupuk urea.

“Kami yakin dengan penerapan pemupukan berimbang dan didukung oleh teknologi serta infrastruktur pertanian yang baik, dapat meningkatkan produktivitas pertanian yang berujung pada peningkatan pendapatan petani”, terang Daconi.

Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk dukungan Pusri terhadap program transformasi bisnis yang saat ini sedang digaungkan di lingkungan BUMN. Serta sebagai salah satu bentuk peran aktif Pusri dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan, terutama terkait distribusi dan penyaluran pupuk.

Pusri memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyalurkan pupuk urea dan NPK bersubsidi di beberapa wilayah yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Alhamdulillah untuk Tahun 2023 lalu, penyerapan pupuk bersubsidi di Pemalang mencapai 82%, hal ini dikarenakan pengaruh cuaca ekstrim yang menyebabkan mundurnya musim tanm. Namun guna mengoptimalkan penyerapan pupuk pada awal musim tanam ini, kami memastikan distribusi pupuk berjalan lacar, menjaga ketersediaan stok dan memberikan kemudahan bagi petani melalui Program Gebyar Diskon Pupuk”, jelas Daconi.

Selain memastikan ketersediaan pupuk sesuai alokasi yang telah ditetapkan pemerintah, guna mengantisipasi tingginya kebutuhan pada musim tanam ini, Pusri juga menyediakan pupuk non subsidi dan produk inovasi seperti NPK Singkong, NPK Kopi dan produk unggul lainnya.

 

Palembang, 17 Januari 2024

Informasi lebih lanjut:

VP Humas Pusri

Rustam Effendi - 08127378730

Email: [email protected]

Report Governance Public Info FAQ