Kabar Pusri

AJANG INOVASI PUSRI BERPOTENSI HASILKAN PENGHEMATAN HINGGA RP 1 TRILIUN

04 August 2023

cover

PALEMBANG,PALPOS.ID - Melalui ajang SRINOVA atau Pusri Innovation Awards, para insan  PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) kembali berkompetisi.

 

Ajang  SRINOVA kali ini  mengusung tema Innovate together & transform to the next level. Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Serba Guna Komplek Pusri.

 

Pada awal pelaksanaan,  telah dilakukan serangkaian tahapan seleksi yakni diawali tahap space exploration.

 

Dimana sebanyak 940 (sembilan ratus empat puluh) gagasan dari inovator telah dikirimkan kepada tim, yang rinciannya masing-masing  796 (tujuh ratus sembilan puluh enam) inovasi dan 144 (seratus empat puluh empat) ide.

 

Kemudian dari total itu, pada tahap space exploration, lebih dari 300 (tiga ratus) inovasi terpilih, mendapatkan kesempatan untuk presentasi langsung di depan para dewan Juri pada 17-20 Juli 2023.

 

Hasilnya didapatkan 20 (dua puluh) inovasi yang mengikuti Battle of the Stars pada Kamis (03/08).

 

Dalam battle of the star, para finalis menampilkan inovasi dan melaksanakan presentasi yang dinilai langsung oleh Direksi Pusri serta juri lainnya yang masing-masing dewan komisaris, SVP, juri eksternal dari BRIN dan juri Internal.

 

Selanjutnya memasuki tahapan akhir, yaitu awarding night, dewan juri mengumumkan  pemenang dari berbagai kategori.

 

Kategori tersebut masing-masing Pusri Performance, kedua kategori Pusri Value dan Ketiga Kategori Pusri Responsible serta The Next Pusri Grand Champion SRINOVA 2023.

 

Ketua Panitia Srinova, SVP Transformasi Bisnis Pusri, Agus Waluyo mengatakan, untuk mendorong budaya inovasi perusahaan, melalui Departemen Sisman & Inovasi telah dilaksanakan beberapa program untuk karyawan.

 

“Program-program yang kami laksanakan antara lain pelatihan inovasi berupa Innovation Mobile Clinic (IONIC), Sharing Knowledge dan Virtual Innovation Assistance (VIA),"  ungkap Agus.

 

Untuk inovasi-inovasi yang ditampilkan pada battle of stars lanjut Agus, tidak hanya didominasi kegiatan-kegiatan operasional pabrik yang bersifat rutin namun begitu,  juga cukup beragam seperti inovasi di bidang pelestarian lingkungan, inovasi di bidang digital atau digitalisasi produk, distribusi pupuk dan sejumlah inovasi lainnya.

 

Agus mengatakan,  untuk total biaya inovasi (unaudited) tahun 2023 yakni sebesar 133 miliar dengan total realisasi penghematan (unaudited) sebesar 361 miliar dan  total potensi penghematan bisa  mencapai Rp 1,11 triliun.

 

Kondisi ini lanjut Agus, tentu menjadi bukti bahwa inovasi yang dijalankan para insan Pusri mampu membawa perusahaan untuk terus tumbuh dan maju.

 

Selanjutnya, pada awarding night SRINOVA 2023, diputuskan sebagai the next Pusri Grand Champion SRINOVA 2023 yaitu  PKM Pusri DEF dengan inovasi berupa produk aqueous urea solution atau diesel exhaust fluid sebagai turunan urea.

 

Terkait Direksi Pusri  sendiri sangat mengapresiasi seluruh peserta inovasi. Ini dibuktikan dengan diberikannya berbagai macam hadiah serta apresiasi untuk para innovator Pusri tersebut.

 

“Tentu kami sangat mengapresiasi pemikiran dan inovasi-inovasi yang diberikan Insan Pusri untuk kemajuan Pusri serta setiap tahunnya terus meningkat dan berkualitas. Tentunya kami berharap inovasi dari insan Pusri dapat mengukir prestasi juga di kancah nasional bahkan internasional," terang Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh. *

 

Sumber : https://palpos.disway.id/read/647186/ajang-inovasi-pusri-berpotensi-hasilkan-penghematan-hingga-rp-1-triliun

Report Governance Public Info FAQ