HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Uji Coba BBM Berbahan Plastik

22 April 2021
RADAR PALEMBANG – Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang mengusung tema Restore Our Earth, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) melaksanakan serangkaian kegiatan terkait perayaan Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April 2021.
 
Dalam kesempatan ini, Pusri Palembang memperkenalkan dua produk ramah lingkungan. Karena dalam tahap kajian, pihaknya akan menggandeng banyak pihak untuk pengembangan produk ramah lingkungan ini.
 
Serangkaian kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran insan Pusri untuk menjaga lingkungan dan menjadikan bumi lebih sehat untuk keberlangsungan hidup kita.
 
Pertama, kata Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, kita memberikan kegiatan kepada ibu-ibu di Pusri untuk membuat eco enzym, bahannya sampah organik, kita kelola disini sehingga saat keluar volume (sampah,read) akan berkurang.
 
Produk ini, lanjut dia, masih dalam skala uji coba, masih terbatas, kita masih akan uji kandungannya seperti apa dan manfaatnya. Selain eco enzym, sambung dia, ada juga produk Pirolysis.
 
Pirolysis bisa digunakan sebagai alternatif bahan bakar minyak atau BBM pengganti solar bagi sejumlah mesin pertanian. “Pirolysis ini dari plastik, kita olah kantong (plastik,read) menjadi bahan bakar, tadi dicontohkan untuk mesin pemotong rumput, jadi untuk menggantikan solar,”jelas dia.
 
Progresnya, menurut dia, kita lihat kedepan aktivitas ini, bisa menggandeng Pertamina, untuk kita uji coba. “Bisa juga nanti kerjasama dengan dinas lingkungan hidup, ajak (kerjasama,read) dengan pak walikota (Palembang, read), juga pak gubernur (Sumsel,read) untuk ini.”
 
Adanya produk ini, kata dia, untuk menjaga (ramah,read) lingkungan, Pusri sebagai produsen juga ramah lingkungan, mengelola sampah menjadi ada nilai tambah. “Tujuannya kekayaan alam dilestarikan untuk anak cucu kita nanti.”
 
Sebagai industri pupuk yang sangat peduli akan kelestarian lingkungan, Pusri akan melaksanakan Gerakan Penanaman Pohon Sedekah Alam Satu Karyawan untuk Investasi Bumi yang dicanangkan dengan harapan karyawan menyumbang satu pohon.
 
“Seluruh karyawan dapat berkontribusi dalam melakukan penanaman pohon ini, sehingga kedepannya akan bertambah sekitar 2.000 pohon baru di lingkungan Pusri. Hal ini sangat baik karena dapat mengurangi emisi dan menghasilkan lebih banyak oksigen,”ujar VP LH Pusri Yusman Arullah.
 
Selain Gerakan Penanaman Pohon, Pusri juga melaksanakan kegiatan Pengolahan Sampah Menjadi ECO Enzyme yang sebelumnya telah dimulai pelaksanaannya oleh Persatuan Istri Karyawan Pusri (PIKA-PSP) sejak awal tahun 2021.
 
“Hari ini (kemarin,read) kami akan melaksanakan panen produk ECO Enzyme, setelah sebelumnya telah dilakukan proses pengumpulan sampah buah dan sayur serta telah difermentasikan,” tambah Yusman.
 
Produk Eco Enzyme ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya untuk menyuburkan tanaman, sebagai cairan pembersih lantai dan lain-lain.
 
Pada peringatan Hari Bumi ini, Pusri juga melaksanakan pyrolysis yaitu sebuah program yang mengkonversi sampah karung plastik menjadi bahan bakar yang dapat dijadikan sebagai komplementer BBM yang saat ini digunakan, yang pilot plant nya berada di Pabrik NPK I.
 
Yusman mengatakan dengan dibangunnya pabrik pengolahan plastik ini diharapkan dapat menjadikan area Pusri dan Wilayah Kecamatan Kalidoni Kota Palembang menjadi lebih bersih, dan hasil bahan bakar sampah plastik tersebut dapat membantu dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar melalui program CSR Pusri.
 
Kegiatan inovatif ini kedepannya akan terus dilaksanakan dan dilanjutkan oleh seluruh insan Pusri, agar lingkungan dan bumi ini dapat terjaga dengan baik hingga ke generasi penerus selanjutnya, dan membantu memulihkan ekosistem dunia. (dav)


Sumber: http://www.radar-palembang.com/uji-coba-bbm-berbahan-plastik/