HALO PUSRI 0800-12-000-11
Mass Media

Wagub Babel - Dirut PT Pusri Palembang tanam kopi dan lada di Belitung Timur

December 22 ,2020
Belitung (ANTARA) - Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah dan Direktur PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh melakukan penanaman bibit kopi jenis robusta dan lada di Kabupaten Belitung Timur guna mengembangkan komoditas unggulan asal daerah itu.
 
"Penanaman lada dan kopi pada hari ini adalah merupakan suatu program terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung bekerja sama dengan Pupuk Indonesia grup," kata Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah di Tanjung Pandan, Selasa.
 
Menurut dia, Belitung Timur ke depannya memiliki potensi untuk mengembangkan dan membudidayakan tanaman kopi sebagai komoditas unggulan asal daerah itu dikarenakan kultur tanah yang menjanjikan dan memberikan harapan.
 
Ia berharap, PT Pusri Palembang dapat mendukung petani kopi dan lada di daerah itu dalam mengembangkan tanamannya dengan menghadirkan pupuk terbaiknya sehingga membantu petani meningkatkan produksi pertaniannya.
 
Wagub menambahkan, permintaan dan ketersediaan pupuk di Provinsi itu terkadang tidak seimbang sehingga menjadi persoalan dikarenakan ketersediannya yang terbatas.
 
"Pemenuhan memang dilakukan dengan berbagai segi diantaranya melalui pupuk subsidi tetapi itu hanya bisa memenuhi 22 persen saja dari totalitas yang dibutuhkan petani Bangka Belitung," katanya.
 
Sementara itu, Direktur PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh mengatakan Belitung Timur memilki banyak potensi untuk dikembangkan dan didukung selain tanaman kopi dan lada.
 
Pihaknya akan memberikan pendampingan kepada para petani seperti bagaimana cara memupuk yang baik serta memberikan pemahaman tentang usaha taninya.
 
"Kemudian kami mencoba mencarikan pasar jadi agrosolusi itu tidak hanya memberikan solusi di hilir saja namun di hilir dan hulu pertanian misalnya pendampingan petani dan asuransi perbankan," ujarnya.
 
Selain itu, dirinya ingin mengajarkan petani untuk tidak bergantung kepada pupuk subsidi karena kemampuan pemerintah terbatas.
 
"Walaupun harganya agak mahal sedikit dibandingkan pupuk bersubsidi namun produktivitas cukup baik sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani," katanya.


Sumber:https://babel.antaranews.com/berita/176820/wagub-babel-dirut-pt-pusri-palembang-tanam-kopi-dan-lada-di-belitung-timur